Darul Arqam Dasar (DAD) IMM Kom. Adam Malik Periode 8 (2015-2016)

Gubahan : Ridwan Yosmanto (Kabid Kader 2016)

2016

Apa itu Darul Arqam Dasar (DAD)? Darul Arqam Dasar (DAD) Yaitu perkaderan utama tingkat pertama dari tiga tingkat perkaderan, dan merupakan prasyarat bagi calon pimpinan IMM tingkat Komisariat. program atau kegiatan yang dilaksanakan oleh Ikatan Makasiswa Muhammadiyah (IMM) khususnya di tingkat Komisariat atau perguruan tinggi. Darul Arqam juga merupakan proses pengkaderan IMM yang diharapkan dapat menjadi pintu gerbang pencerahan bagi generasi-generasi Intelektual muslim untuk menciptakan perubahan, menjawab tantangan, dan mampu menjalankan roda organisasi IMM sebagai organisasi dakwah Islam berkemajuan. Dengan adanya pengkaderan tersebut, semoga bisa melahirkan kader muda yang mempunyai semangat Ahmad Dahlan yang siap untuk menghidupkan Muhammadiyah dan siap berjuang demi Agama, Bangsa, dan Negara. Adapun waktu pelaksanaan DAD tahun ini yaitu pada tanggal 22-26 Januari 2016 yang bertempat di Kampung Ngentak Rt 01/Rw 04, Desa Bulu, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo. Adapun perangkat pelaksana DAD yaitu Master Of Training (MOT) dan Instruktur Of Training (IOT).

Tepat hari ini, yaitu Jumat tanggal 22 Januari para peserta akan melakukan atau mengikuti serangkaian acara dan kegiatan-kegiatan Darul Arqam Dasar (DAD). Para peserta atau kader mengikuti rangkaian kegiatan yang telah dijadwalkan oleh panitia dengan antusias serta penuh dengan rasa ikhlas dan senang, ini dapat terlihat dari hari pertama rangkaian acara ini dimulai hingga hari terakhir pelaksanaan DAD komisariat Adam Malik. Meskipun ada beberapa peserta yang batal atau berhalangan untuk mengikuti DAD yang dikarenakan sakit dan keperluan mendadak lainnya, namun itu semua tidak menghalangi jalannya acara DAD yang telah direncanakan jauh hari, meskipun ada sedikit rasa kehilangan karena kurangnya peserta yang telah kami anggap sebagai anggota keluarga kami sendiri.

Kekompakan kader serta rasa kekeluargaan yang dibangun selama ini terlihat begitu hangat dan kental kami rasakan selama rangkaian acara ini berlangsung. Senang rasanya melihat kader atau peserta melakukan semua pekerjaan dengan kerja sama dan rasa kekluargaan yang begitu terlihat diantara mereka. Hingga pada akhirnya tak terasa bahwa rangkaian acara yang berlangsung selama 5 hari 4 malam ini telah berakhir, ada rasa senang dan bangga melihat kader-kader baru yang akan melanjutkan tongkat perjuangan para pendahulu kami di Adam Malik. Banyak kenangan-kenangan yang akan teringat dan akan menjadi cerita yang menarik untuk diceritakan kepada keluarga dirumah saat tiba dirumah, dengan adanya Darul Arqam Dasar (DAD) ini kami berharap dapat melahirkan kader-kader baru yang akan melanjutkan perjuangan para pendahulu IMM khususnya di komisariat Adam Malik. Tidak hanya untuk IMM saja, tapi juga untuk membantu terwujudnya cita-cita Muhammadiyah yang telah lama didambakan oleh Muhammad Darwis atau yang kita kenal dengan nama lainnya adalah K.H Ahmad Dahlan.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s